Sunday, May 19, 2013

Tips Sehat Sendi: Penyebab & 3 Tips Mengurangi Nyeri Lutut

Anda pernah mengalami nyeri pada lutut?
Mungkin hampir setiap orang pernah mengalami nyeri lutut, karena lutut merupakan salah satu sendi tubuh yang rentan terhadap nyeri.

Sendi tubuh memiliki fungsi utama sebagai penghubung antara tulang yang satu dengan yang lainnya sehingga memungkinkan Anda dapat bergerak dengan bebas.
Sendi terdiri dari ligamen dan dan tulang rawan, jika sendi terlumasi dengan baik maka tulang bisa bergerak dengan lancar.

Penyebab Nyeri Lutut
Seiring dengan bertambahnya usia, tulang rawan yang melapisi lutut akan berubah menjadi lebih tipis.
Permukaan lutut akan tidak selicin dan sebaik sebelumnya sehingga bisa memicu terjadinya osteoarthritis.

Osteoarthritis ditandai dengan saling menggeseknya tulang satu dengan yang lain secara kasar sehingga dapat menimbulkan rasa sakit dan inflamasi atau peradangan.
Selain itu, semakin bertambahnya usia maka elasitisitas ligamen akan berkurang. Hal ini disebabkan karena perubahan kimia dalam protein yang membentuk ligamen.
Oleh karena itu, ligamen akan lebih mudah robek dan proses penyembuhannya menjadi lebih lambat.

3 Tips Mengurangi Nyeri pada Sendi Lutut
1. Perkuat Otot-otot di Sekitar Lutut dengan Melakukan Peregangan
Lakukan stretching atau peregangan pada paha belakang, betis, dan paha depan. Merawat otot-otot ini dengan melakukan peregangan bisa mengurangi rasa sakit di lutut.
Lakukan juga gerakan-gerakan seperti
jongkok, menarik kaki ke belakang pantat, dan gerakan lainnya untuk melatih otot-otot tersebut.

2. Konsumsi Makanan yang Kaya Kalsium
Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium bisa membantu mengurangi dan mencegah sakit di sendi lutut.
Makanan yang kaya akan kalsium diantaranya adalah almond, kacang polong, jeruk, bayam, buncis, ikan salmon, sarden, dan produk susu seperti yoghurt dan susu skim.

3. Menjaga Berat Badan
Kelebihan berat badan atau obesitas telah terbukti bisa menambah ketegangan dan beban pada lutut yang akan menimbulkan rasa nyeri.
Menjaga badan tetap aktif dan berolahraga setidaknya selama 20 menit, 3-5 kali dalam seminggu, serta menghindari makanan olahan dan tinggi lemak bisa meminimalkan efek negatif yang diterima oleh lutut.[]


source:http://amazine.co/3429/tips-sehat-sendi-penyebab-3-tips-mengurangi-nyeri-lutut/

Popular Posts